Perencana Pernikahan, Stylist & Koordinator Tempat; Apa bedanya?
Tidak ada yang mau kekurangan staf pada hari pernikahan mereka. Bahkan jika Anda adalah calon pengantin, Anda tidak perlu mengatur meja dan menggantung bunting saat Anda harus menata rambut atau minum minuman beralkohol! Tapi tugas siapa yang membuat hal itu terjadi? Tahukah Anda apa yang akan dilakukan koordinator tempat Anda pada hari pernikahan Anda? Apakah Anda menganggap Anda tidak membutuhkan perencana pernikahan? Pernahkah Anda mendengar tentang penata pernikahan dan jika demikian, tahukah Anda apa yang mereka lakukan? Selamat Datang di panduan praktis kami tentang perbedaan antara perencana pernikahan, penata pernikahan, dan koordinator tempat, dan mana yang sebenarnya Anda butuhkan!
Perencana, koordinator tempat dan stylist; Ketiga peran ini tentunya memiliki banyak tumpang tindih tetapi keduanya juga sangat berbeda. Dan sementara beberapa pasangan membutuhkan ketiganya pada hari pernikahan mereka, Anda mungkin membutuhkan satu atau dua, atau tidak sama sekali, tergantung pada rencana Anda. Tapi apa pun jenis pernikahan yang Anda alami, sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya itu, dan yang lebih penting TIDAK, termasuk dalam layanan profesional yang bekerja pada hari Anda.
Jadi, meskipun Anda mungkin berpikir fitur ini bukan untuk Anda - saya berjanji pada akhirnya, mengetahui perbedaan antara koordinator tempat pernikahan, perencana pernikahan, dan penata pernikahan, akan sangat membantu! Bahkan jika Anda akhirnya ingin melakukan semuanya sendiri.
Apa yang Dilakukan Koordinator Tempat?
Koordinator tempat Anda sering kali dapat menjadi kontak yang paling sering Anda kirimi email selama perencanaan pernikahan Anda (Saya cukup yakin pertanyaan saya akan memblokir saya pada hari pernikahan kami bergulir, saya telah mengirimkan begitu banyak pertanyaan!). Tugas mereka adalah menjadi penghubung tempat Anda, dan memastikan kelancaran hari Anda - tetapi hanya untuk hal-hal yang termasuk dalam kewenangan tempat tersebut.
Meskipun sebagian besar koordinator tempat bekerja luar biasa dalam pekerjaan mereka, dan akan bekerja di atas dan di luar, penting untuk diingat bahwa mereka bekerja untuk tempat tersebut, bukan untuk Anda. Pernikahan Anda adalah prioritas mereka pada hari itu tentu saja, tetapi mereka mungkin berhasil di mana saja dari 10 hingga 200+ pernikahan dalam setahun tergantung pada skala tempat, dan jadi mereka memiliki formula umum tentang bagaimana mereka membuat semuanya berhasil .
Jika tempat Anda menyediakan katering, mereka akan bekerja dengan Anda di menu Anda, jika tempat Anda menyediakan furnitur, mereka akan berbicara dengan Anda tentang tata letak meja Anda. Namun, mereka tidak akan memastikan pemain cello ada di tempat untuk upacara tersebut, mereka tidak selalu bertanggung jawab untuk meletakkan guci bunga di tempat yang tepat, dan bukan terserah mereka untuk memberi tahu Anda, bahwa Anda seharusnya melakukannya. memulai pidato setengah jam yang lalu.
Beberapa koordinator tempat akan bekerja dengan stylist lokal atau perusahaan persewaan pada pilihan khusus seperti centrepieces atau penutup kursi, tetapi di banyak tempat, hal-hal itu terserah Anda untuk mengaturnya. Dan sementara mereka mungkin melakukan hal-hal seperti membalikkan ruangan antara upacara dan resepsi, menyalakan lilin, menempatkan centrepieces dan memasang sarung kursi - kemungkinan tidak akan memiliki kesan dipesan lebih dahulu seperti yang mungkin terjadi pada perencana atau penata gaya profesional. .
Jika menyangkut pengaturan pernikahan itu sendiri, tempat akan mengatur meja, tetapi mereka tidak boleh menempatkan kartu nama, mereka akan menyediakan panggung untuk band, tetapi mereka mungkin tidak menjalankan pemeriksaan suara, mereka akan memberi tahu Anda jika Anda diizinkan untuk menggantung pom pom di gudang, tetapi mereka mungkin bukan yang melakukannya untuk Anda. Anda mengerti intinya!
Ini tidak sama untuk setiap tempat tentunya, tetapi ini adalah aturan umum. Jadi, jika Anda menginginkan seseorang yang akan menjalankan seluruh pertunjukan dari jam 10 pagi hingga 10 malam (dan semua bulan sebelumnya), pastikan semuanya sudah siap dan terjadi tepat waktu, Anda memerlukan ... perencana pernikahan.
Apa yang Dilakukan Seorang Perencana Pernikahan?
Perencana pernikahan menawarkan berbagai jenis layanan tergantung pada apa yang Anda butuhkan.
Perencana pernikahan layanan lengkap akan membantu Anda menemukan tempat yang tepat, pemasok sumber, mewujudkan visi Anda dan tetap dalam anggaran dan itu semua sebelum hari besar. Pada hari itu sendiri, mereka dan tim mereka akan mengatur tempat untuk Anda, mereka akan mengawasi semua pemasok, mereka akan memastikan gaun gadis penjual bunga sudah diperbaiki tepat sebelum dia berjalan ke lorong, dan mereka akan pastikan Anda tidak pernah mendengar tentang bencana mendekati menit-menit terakhir. Ide di balik menyewa perencana layanan penuh adalah bahwa Anda dapat terlibat sebanyak atau sesedikit yang Anda suka dalam perencanaan, tetapi pada hari itu, Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun.
Beberapa perencana akan menawarkan paket tiga bulan, satu bulan dan minggu, di mana Anda akan merencanakan apa yang Anda inginkan dan memesan pemasok, tetapi pada dasarnya menyerahkan pernikahan Anda untuk semua logistik dan konfirmasi menit terakhir.
Perencana hari menjadi pilihan yang sangat populer - dan membuat pilihan yang cocok untuk siapa saja yang melakukan pernikahan DIY, pernikahan sewa kering atau pernikahan tenda di rumah. Anda akan bertemu untuk memberi pengarahan kepada perencana, berpotensi melakukan penelusuran tempat, memberi mereka garis waktu Anda, dan gambar tentang bagaimana Anda ingin semuanya terlihat, dan Anda akan menyerahkannya untuk dijalankan pada hari itu.
Seorang koordinator hari akan menjaga kedua pengaturan ruang dan memastikan semuanya berjalan lancar, sambil menjauhkan masalah dari Anda. Meskipun ini sering kali merupakan pilihan yang lebih terjangkau, ingatlah bahwa jika Anda memilih agenda harian dengan harga yang lebih murah, mereka tidak akan menginvestasikan banyak waktu untuk mengenal Anda, tempat Anda, dan pemasok Anda, jadi jika ada sesuatu yang terlewat dalam serah terima, itu bisa menjadi menit terakhir untuk diperbaiki.
Jika menurut Anda Anda akan mendapat pengarahan dari koordinator tempat, pemasok Anda terkunci, pengiring pengantin Anda dalam keadaan siaga dan jadwal hari pernikahan Anda tidak akan berubah, tetapi Anda hanya perlu bantuan untuk mengatur tempat Anda atau membuat papan Pinterest pernikahan Anda datang untuk hidup, maka yang Anda butuhkan adalah ... penata pernikahan.
Apa yang Dilakukan Penata Pernikahan?
Penata pernikahan akan mendesain dan mendekorasi pernikahan Anda untuk Anda. Peran penata pernikahan bisa sedalam direktur kreatif; datang dengan palet warna dan konsep untuk pernikahan Anda, untuk pernikahan lainnya, itu semudah melaksanakan pengaturan pada hari itu, dan memastikan semuanya pada tempatnya.
Sementara koordinator tempat lebih praktis, dan seorang perencana mengurus logistik, gulungan stylist adalah tentang estetika - menjadi kreatif dan membuat hari Anda terlihat dan terasa persis seperti yang Anda inginkan.
Mempekerjakan stylist adalah ide bagus jika Anda memiliki tempat pernikahan ruang kosong atau jika Anda hanya bisa mendapatkan akses ke tempat Anda pada pagi hari pernikahan Anda. Mereka juga dapat membantu jika Anda memiliki gambaran tentang bagaimana Anda ingin hari Anda terlihat, tetapi Anda tidak yakin bagaimana membuat semuanya menjadi satu., atau sebaliknya, jika Anda ingin pernikahan Anda terlihat luar biasa, tetapi tidak memiliki gambaran di kepala Anda tentang apa itu.
Seorang stylist juga akan sering memiliki gudang alat peraga, barang pecah belah, dan peralatan makan yang bagus, apakah Anda mencari tampilan pesta teh vintage, gaya geometris modern, suasana festival boho yang keren, atau sesuatu yang glam dan mewah. Stylist akan sering bekerja dengan, atau berfungsi ganda sebagai, toko bunga untuk memastikan aspek dekoratif hari Anda menyatu beberapa toko bunga sendiri menawarkan layanan penataan dan pengaturan. Penata gaya juga dapat merawat alat tulis Anda, dan membuat item khusus seperti papan nama, dekorasi meja, suvenir, dan latar belakang lorong.
Beberapa perencana pernikahan adalah penata gaya yang terampil, meskipun yang lain menghadirkan penata gaya sebagai bagian dari tim mereka untuk menjaga elemen yang lebih kreatif. Dapatkan daftar perencana dan penata pernikahan yang direkomendasikan.
Berapa Biaya Perencana Pernikahan & Penata Pernikahan?
Koordinator tempat disediakan gratis dengan tempat tersebut, meskipun menyenangkan meninggalkan gratifikasi atau memberi mereka hadiah, atau kartu ucapan terima kasih, jika Anda senang dengan layanan mereka.
Biaya perencana pernikahan bisa sangat berbeda tergantung pada pengalaman mereka, apa yang mereka tawarkan, dan jenis pernikahan yang Anda adakan. Beberapa akan mengenakan tarif per jam mulai dari € 40-200, yang lain akan menawarkan paket yang mencakup sejumlah panggilan, pertemuan langsung serta layanan mereka, dan yang lain akan mengenakan tarif tergantung pada anggaran Anda secara keseluruhan , biasanya 10-15%.
Koordinasi hari cenderung lebih dari € 400 dan paket bulan dapat mulai dari € 1000 hingga lebih dari € 3000 untuk layanan yang lebih praktis dengan kontak tidak terbatas - ini hanya perkiraan kasar, karena mereka benar-benar dapat bervariasi.
Penting untuk dikatakan, bahwa seperti menyewa akuntan untuk membayar pajak Anda, perencana pernikahan layanan lengkap terkadang dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang, karena mereka memiliki kontak dalam industri yang dengannya mereka dapat menegosiasikan tarif. Meskipun Anda mungkin merencanakan pernikahan untuk pertama kalinya, mereka telah melakukan semuanya sebelumnya, sehingga mereka tahu biaya apa yang harus dikeluarkan, dan ke mana harus mencari nilai terbaik.
Mengenai biaya penata pernikahan, lebih sulit untuk memberikan harga umum pada layanan mereka. Sama seperti toko bunga pernikahan, Anda akan memberi tahu penata pernikahan tentang anggaran Anda dan apa yang ada dalam pikiran Anda, dan mereka akan membuat daftar terperinci, atau membuatkan Anda paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini berarti penata pernikahan dapat meminta Anda mengembalikan € 500 untuk pengaturan sederhana atau € 4000 + untuk motif bunga lengkap dan arahan kreatif. Ingatlah untuk memperhitungkan biaya penyangga atau penyewaan furnitur juga jika tidak disertakan.
Dapatkan daftar perencana dan penata pernikahan yang direkomendasikan.
Siapa Lagi yang Dapat Anda Sewa untuk Membantu Anda di Hari Pernikahan?
Meskipun ini lebih populer di Inggris atau AS daripada di Irlandia, Anda dapat menyewa toastmaster, pengiring pengantin profesional atau kepala pelayan pernikahan untuk juga membantu Anda di hari Anda. Seorang toastmaster akan bertindak lebih seperti pembawa acara untuk hari itu, memastikannya berjalan dengan lancar, bahwa setiap orang memiliki apa yang mereka butuhkan, serta menambahkan sedikit kemegahan dan upacara ke dalam acara.
Sementara kepala pelayan pernikahan atau pengiring pengantin profesional jauh lebih rendah hati, dan bertindak lebih seperti asisten pribadi - mereka akan lari ke bar untuk Anda, cari peniti jika kesibukan Anda hilang, atau pegang buket Anda saat Anda ' sedang menyelesaikan foto Anda. Keduanya adalah pilihan yang baik jika Anda mengadakan pernikahan formal yang besar, atau jika Anda memilih untuk tidak mengadakan pesta pengantin.
Jadi sekarang Anda tahu apa yang diharapkan, dan tidak diharapkan dari koordinator tempat Anda, Anda dapat memutuskan apakah Anda perlu merekrut pembantu hari pernikahan lainnya, atau memang perencana layanan penuh, toko bunga dengan keterampilan menata, atau direktur kreatif yang akan menata gaya. banyak untuk kesempurnaan! Direktori Buku Pernikahan kami mungkin bisa menjadi tujuan Anda berikutnya!
Perencanaan pernikahan yang lebih praktis berbunyi:
Gambar Fitur: Alp & Isle melalui One Fab Day
[ad_2]
Sumber (Undangan Pernikahan Online)
Belum ada Komentar untuk "Perencana Pernikahan, Stylist & Koordinator Tempat; Apa bedanya?"
Posting Komentar